IMAM ALI AR-RIDHA, TELADAN PEJUANG YANG SABAR
Hari Lahir
Imam Ali Ar-Ridha as lahir pada 11 Dzulqa’dah 148 H. di
Madinah. Ayah beliau adalah Imam Musa Al-Kazim as dan ibunya seorang wanita
mukmin nan saleh, bernama Najmah. Imam as menghabiskan masa kanak-kanaknya di
sisi sang ayah.
Imam Musa as berwasiat dan memberi isyarat kepada
sahabat-sahabatnya mengenai keimamahan putranya, Ali Ar-Ridha.
Ali bin Yaqthin berkata, “Pernah aku bersama Abdus Saleh
(salah satu gelar Imam Musa Kazim—penj.). Tiba-tiba datang Ali Ar-Ridha
as, lalu beliau (Imam Musa) berkata, “Wahai Ali bin Yaqthin, dialah penghulu
anak-anakku.”
Hisyam menambahkan, “Sesungguhnya aku beritakan kepadamu
bahwa dia adalah Imam setelahku.”
Demikian pula salah seorang sahabat pernah bertanya tentang
imam sepeninggalnya. Imam Musa as memberi isyarat kepada anaknya, Ali Ar-Ridha
sembari berkata, “Dialah Imam (pemimpin) setelahku.”
Pada masa itu, situasi amat menguatirkan, sehingga Imam Musa
as berwasiat kepada para sahabatnya agar merahasiakan keimamahan putranya itu.
Budi Pekerti Yang Agung
Para Imam Ahlulbait as adalah manusia-manusia pilihan.
Mereka dipilih oleh Allah SWT untuk membimbing masyarakat secara benar dan
menjadi contoh yang paling unggul untuk mencapai derajat kemanusiaan dan akhlak
mulia.
Ibrahim bin Abbas mengatakan, “Aku tidak pernah mendengar
Abul Hasan Ar-Ridha as mengatakan sesuatu yang merusak kehormatan seseorang,
juga tidak pernah memotong pembicaraan seseorang hingga ia menuntaskannya, dan
tidak pernah menolak permintaan seseorang tatkala dia mampu membantunya. Beliau
tidak pernah menjulurkan kakinya ke tengah majelis. Aku tidak pernah melihatnya
meludah, tidak pernah terbahak-bahak ketika tertawa, karena tawanya adalah
senyum. Di waktu-waktu senggang, beliau menghamparkan suprah dan duduk bersama
para pembantu, mulai dari penjaga pintu sampai pejabat pemerintahan. Dan barang
siapa yang mengaku pernah melihat keluhuran budi pekerti seseorang seperti
beliau, maka janganlah kau percaya.”
Seorang laki-laki menyertai Imam Ar-Ridha dalam
perjalanannya ke Khurasan. Imam mengajaknya duduk dalam sebuah jamuan makan.
Beliau mengumpulkan para tuan dan budak untuk menyiapkan makanan dan duduk
bersama. Orang itu lalu berkata, “Wahai putra Rasulullah, apakah engkau
mengumpulkan mereka dalam satu jamuan makan?”
“Sesungguhnya Allah SWT adalah satu. Manusia lahir dari satu
bapak dan satu ibu. Mereka berbeda-beda dalam amal perbuatan”, demikian jawab
Imam as.
Salah seorang dari mereka berkata, “Demi Allah, tidak ada
yang lebih mulia di muka bumi ini selain engkau, wahai Abul Hasan (panggilan
Imam Ar-Ridha)!”
Imam menjawab, “Ketakwaanlah yang memuliakan mereka, wahai
saudaraku!”
Salah seorang bersumpah dan berkata, “Demi Allah, engkau
adalah sebaik-baik manusia.”
Imam menjawabnya, “Janganlah engkau bersumpah seperti itu.
Sebab orang yang lebih baik dari aku adalah yang lebih bertakwa kepada Allah.
Demi Allah, Dzat yang menorehkan ayat ini, ‘Kami
ciptakan kalian bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling mengenal.
Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu adalah orang yang paling
bertakwa.’”
Pernah suatu saat, Imam Ali Ar-Ridha as berbincang-bincang
dengan masyarakat. Mereka bertanya tentang masalah-masalah hukum. Tiba-tiba
seorang warga Khurasan masuk dan berkata, “Salam atasmu wahai putra Rasulullah!
Aku adalah seorang pengagummu dan pecinta ayahmu serta para datukmu. Aku baru
saja kembali dari haji dan aku kehilangan nafkah hidupku. Tak satu harta pun
tersisa lagi padaku. Jika engkau sudi membantuku sampai di negeriku, sungguh
nikmat besar Allah atasku, dan bila aku telah sampai, aku akan menginfakkan
jumlah uang yang kau berikan kepadaku atas namamu, karena aku tidak berhak
menerima infak.”
Dengan nada lembut, Imam Ar-Ridha as berkata kepadanya,
“Duduklah, semoga Allah mengasihanimu!”
Kemudian Imam melanjutkan perbincangannya dengan masyarakat
sampai mereka bubar. Setelah itu, Imam bangkit dari duduknya dan masuk ke
kamar. Tak lama kemudian, beliau mengeluarkan tangannya dari balik pintu sambil
berkata, “Mana orang Khurasan itu?”
Orang Khurasan itu mendekat dan Imam berkata, “Ini 200
Dinar. Pergunakanlah untuk perjalananmu dan janganlah engkau menafkahkan
hartamu atas nama kami.”
Orang Khurasan itu mengambilnya dengan penuh rasa syukur,
lalu meninggalkan Imam as.
Setelah itu Imam keluar dari kamar. Salah seorang sahabat
bertanya, “Kenapa engkau menyembunyikan wajahmu dari balik pintu, wahai putra
Rasulullah?”
Imam berkata, “Agar aku tidak melihat kehinaan pada raut
wajah orang yang meminta. Tidakkah kau mendengar Rasulullah saw bersabda,
‘Berbuat baik dengan sembunyi-sembunyi adalah sama seperti tujuh puluh kali
ibadah haji, dan orang yang terang-terangan dalam berbuat jahat sungguh
terhina, dan orang yang sembunyi dalam melakukannya akan diampuni.’”
Jangan Merasa Bangga!
Ahmad Al-Bazanthi adalah salah seorang ulama terkemuka dan
seringkali melakukan surat-menyurat dengan Imam Ali Ar-Ridha. Kemudian, ia
mengakui kebenaran kedudukan beliau sebagai imam.
Al-Bazanthi pernah menceritakan pengalamannya berikut ini:
“Imam Ar-Ridha as memintaku datang menjumpainya dan
mengirimkan keledai kepadaku sebagai kendaraan. Sesampainya di sana, kami duduk
dalam sebuah pembahasan. Hingga tiba waktu Isya’, kami melaksanakan shalat.
Seusai shalat, Imam meminta kepadaku untuk bermalam. Aku menjawab, ‘Tidak demi
jiwaku yang menjadi tebusanmu, aku tidak membawa mantel (selimut) dan pakaian.’
Beliau berkata kepadaku, ‘Allah akan melewatkan malammu
dalam keadaaan sehat dan kami akan tidur di atap rumah.’
Sementara Imam turun, aku berkata pada diriku sendiri, ‘Sungguh
aku telah mendapatkan kemulian dari Imam yang aku tidak temukan pada orang
lain. Aku telah tertipu oleh setan.’
Di waktu subuh, Imam membangunkanku sambil memegang
tanganku. Kepadaku beliau menuturkan, ‘Suatu hari, Amirul Mukminin Ali as
menengok Sha’sa’ah bin Sauhan yang tengah sakit. Ketika dia hendak bangun,
Amirul Mukminin berkata kepadanya, ‘Wahai Sha’sa’ah, janganlah engkau merasa
bangga terhadap saudara-saudaramu hanya karena aku menjengukmu.’
Seakan-akan Imam membaca apa yang terlintas dalam benak
Al-Bazanthi. Beliau menasehatinya dan mengingatkan kakeknya, Imam Ali bin Ali
Thalib as bagaimana menjenguk salah seorang sahabatnya.
Nasihat untuk Saudara
Zaid adalah saudara Imam Ali Ar-Ridha as. Dia melakukan
pemberontakan di kota Bashrah dan membakari rumah orang-orang Abbasiyah,
sehingga dia digelari dengan Sang Api.
Khalifah Ma’mun segera mengirim pasukan besar dan terjadilah
pertempuran sengit. Di sana, Zaid menyerah dan meminta damai. Namun, akhirnya
ia tertangkap dan dipenjara.
Tatkala Imam Ali Ar-Ridha as diangkat oleh Ma’mun sebagai
pengganti khalifah, Ma’mun memutuskan untuk mengirimkan Zaid kepada Imam. Imam
as sangat marah atas perbuatan saudaranya yang membakar rumah dan merampas
harta benda rakyat tanpa hak.
Kepada saudaranya Imam as berkata, “Hai Zaid, apa yang
membuat engkau tertipu hingga engkau menumpahkan darah dan merampok? Apakah kau
tertipu oleh perkataan orang-orang Kufah, bahwa Fatimah as telah disucikan
rahimnya sehingga Allah mengharamkan anak keturunannya dari api neraka? Celakalah
engkau! Sesungguhnya yang dimaksudkan Rasul saw dari sabda itu bukanlah aku,
bukan pula kau. Akan tetapi, Hasan dan Husain. Demi Allah, sesungguhnya
keselamatan dari api neraka itu tidak akan didapati kecuali dengan ketaatan
kepada Allah SWT. Apakah kau mengira akan masuk surga dengan tetap bermaksiat
kepada Allah? Kalau begitu, kau lebih besar daripada Allah dan dari ayahmu,
Musa bin Ja’far as!”
Zaid berkata,”Bukankah aku saudaramu?”
Imam menjawab, “Ya, kau adalah saudaraku selama kau taat
kepada Allah. Bagaimana Nabi Nuh as memohon, ‘Tuhanku,
sesungguhnya anakku dari keluargaku dan janjimu pasti nyata dan engkau maha
pengasih.’ Dan bagaimana
Allah membalasnya, ‘Wahai Nuh!
Sesungguhnya dia bukanlah dari keluargamu, karena dia bukan perbuatan saleh.’ Demi Allah, wahai Zaid! Tidak seorang
pun akan mendapatkan kedudukan di sisi Allah kecuali ketaatan kepada-Nya.”
Di Majelis Ma’mun
Ma’mun mengumpulkan para pemuka agama dan tokoh-tokoh mazhab
Islam, lalu memerintahkan mereka untuk berdiskusi dengan Imam Ali Ar-Ridha as.
Ma’mun melakukan itu hanya untuk menjatuhkan Imam di hadapan soal-soal mereka.
Imam as bertanya kepada seorang sahabatnya yang bermana
Hassan Naufal, “Apakah engkau tahu mengapa Ma’mun mengumpulkan para pemuka
agama dan tokoh mazhab itu?”
Naufal menjawab, “Dia ingin sekali mengujimu.”
Imam berkata, “Senangkah engkau melihat saat-saat Ma’mun
menyesali perbuatannya?.”
“Tentu”, jawab Naufal.
Imam berkata, “Yaitu tatkala dia mendengar jawabanku dari
kitab Taurat terhadap penganut Taurat, jawabanku dari kitab Injil tehadap
penganut Injil, jawabanku dari kitab Zabur terhadap penganut Zabur, dan
jawabanku dari kitab Ibraniyyah terhadap kaum Sabiah.”
Imam Ali Ar-Ridha as menyiapkan perjalanannya bersama
sahabatnya ke istana Khalifah. Setelah sampai dan istirahat sejenak, diskusi
pun dimulai.
Jatsliq berkata, “Saya tidak ingin berdiskusi dengan orang
yang menggunakan Al-Qur’an sebagai dalilnya, karena aku mengingkarinya, dan
juga orang yang menggunakan hadis Nabi Muhammad, karena aku tidak mempercayai
kenabiannya.”
Imam Ar-Ridha as berkata, “Jika aku berdalil dengan kitab
Injil, apakah engkau akan beriman?”
“Tentu, saya akan menerimanya”, begitu tegas Jatsliq.
Lalu Imam Ali Ar-Ridha as membacakan beberapa ayat Injil
yang di dalamnya Nabi Isa as mengabarkan kedatangan nabi setelahnya,
sebagaimana yang juga diberitakan oleh Hawariyyun (sabahat setia Nabi Isa).
Imam juga membacakan sebagian ayat dari Injil Yohanes.
Jatsliq dengan penuh keheranan berkata, “Demi kebenaran Isa
Al-Masih, aku tidak pernah menyangka bahwa di antara ulama muslim ada orang
sepertimu.”
Kemudian Imam Ali Ar-Ridha berpaling kepada pemuka Yahudi
dan berdalil dengan ayat-ayat Taurat dan Zabur.
Tak ketinggalan pula, Imran Ash-Shabi yang ahli dalam ilmu
Kalam. Dia bertanya kepada Imam tentang keesaan Tuhan dan masalah-masalah Kalam
lainnya.
Ketika masuk waktu Zhuhur, Imam as bangkit untuk
melaksanakan shalat. Setelah itu, beliau melanjutkan diskusi dengan Imran
sampai dia mengakui kebenaran agama Allah yang hak. Lalu dia menghadap Kiblat
dan bersujud kepada Allah untuk menyatakan keislamannya.
Perjalanan ke Marv
Tak seorang pun tahu alasan sebenarnya yang mendorong
Khalifah Ma’mun untuk meminta Imam Ali Ar-Ridha as menjadi penggantinya kelak.
Ketika Imam as tinggal di Madinah Al-Munawwarah, tiba-tiba
datang perintah Khalifah kepada beliau untuk melakukan perjalanan ke Marv.
Imam as menyiapkan perjalanannya ke Khurasan. Beliau tiba di
kota Bashrah, lalu bertolak menuju Baghdad, kemudian singgah di kota Qom yang
mendapatkan sambutan begitu hangat dari masyarakat di sana. Kala itu, Imam
menjadi tamu salah seorang penduduk, dan semenjak hari itu ditetapkanlah hari
berdirinya “Madrasah Ar-Ridhawiyyah.”
Di Naisyabur
Naisyabur merupakan salah satu kota tua dan pusat ilmu
pengetahuan, lalu runtuh dan hancur ketika penyerangan bangsa Mongol.
Iring-iringan kafilah Imam Ali Ar-Ridha as dijemput oleh
masyarakat di sana dengan penuh suka cita, sementara ratusan ulama dan pelajar
berdiri paling depan.
Para ulama dan ahli hadis berkumpul di sekitar para
pengiring Imam, sedang di tangan mereka buku dan alat menulis. Mereka menunggu
Imam meriwayatkan hadis-hadis dari kakeknya Rasulullah saw, sampai-sampai di
antara mereka ada yang memegang tali kekang tunggangan Imam dan berkata, “Demi
kebenaran ayahmu yang suci, riwayatkanlah kepada kami hadis sehingga kami dapat
mendapatkan ilmu darimu.”
Imam as berkata, “Aku mendengar ayahku Musa bin Ja’far
berkat, ‘Aku mendengar Ayahku, Ja’far bin Muhammad berkata, ‘Aku mendengar
ayahku Muhammad bin Ali berkata, ‘Aku mendengar ayahku Ali bin Husain berkata,
‘Aku mendengar ayahku Husain bin Ali berkata, ‘Aku mendengar ayahku Ali bin Abi
Thalib berkata, ‘Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, ‘Aku mendengar Jibril
berkata, ‘Aku mendengar Allah berfirman, “Kalimat La Ilaha illallah adalah
bentengku. Barang siapa masuk ke dalam bentengku, niscaya ia terbebas dari
azabku.’”
Hadis ini terkenal dengan Hadis Silsilah Dzahabiyah (Untaian Emas). Sebanyak dua ribu
perawi mencatat hadis ini.
Imam Ali Ar-Ridha as meninggalkan Naisyabur pada waktu pagi.
Di tengah perjalanan masuk waktu Zhuhur, Imam as meminta air untuk berwudhu.
Akan tetapi, para pengikutnya sulit mendapatkan air.
Imam menggali tanah. Tiba-tiba muncul mata air. Beliau
berwudhu bersama orang-orang yang menyertainya. Hingga sekarang ini, mata air
itu masih mengalir.
Imam Ar-Ridha as dan rombongan tiba di Sina Abad dan beliau
menyandarkan punggungnya ke salah satu batu besar di gunung itu. Masyarakat di
sana adalah pengrajin kuali dan periuk untuk keperluan masak. Imam memohon
kepada Allah untuk memberkahi mereka dan meminta untuk dibuatkan periuk.
Imam as masuk ke rumah Hamid bin Qahthabah Ath-Tha’i dan
masuk ke qubah yang di dalamnya terdapat kuburan Harun Ar-Rasyid. Di samping
kuburan itu, beliau menuliskan sesuatu lalu berkata, “Ini adalah tanahku, dan
di sinilah aku akan dikuburkan. Allah akan menjadikannya tempat ziarah bagi
pengikutku. Demi Allah, barangsiapa yang menziarahiku, maka wajib baginya
ampunan dan rahmat Allah melalui syafaat kami Ahlulbait.”
Kemudian, beliau melakukan shalat dua rakaat dan sujud yang
lama sambil bertasbih sebanyak lima ratus kali.
Di Marv
Sampailah Imam Ali Ar-Ridha as di Marv. Ma’mun berusaha
menampakkan rasa hormat dengan cara menyambut beliau dan mengadakan pesta
penyambutan. Dia mengharapkan Imam supaya sudi menduduki kursi khalifah. Akan
tetapi, beliau menolaknya.
Imam Ali Ar-Ridha as tahu benar akan maksud yang
disembunyikan oleh Ma’mun. Dia telah membunuh saudaranya sendiri, Muhammad
Amin, lantaran haus kekuasan dan kekhalifahan. Lalu, bagaimana mungkin dia mau
turun tahta?
Ma’mun berusaha menarik simpati masyarakat dengan
menampakkan kecintaannya kepada Ahlulbait. Dia menetapkan kewajiban menaati Imam
sebagai calon penggantinya, walaupun dengan cara-cara paksa.
Di hadapan permintaan Ma’mun yang penuh dengan pemaksaan dan
bahkan ancaman itu, akhirnya Imam Ridha as menerima untuk dijadikan
penggantinya kelak dengan syarat, bahwa beliau tidak ikut campur dalam
urusan-urusan pemerintahan.
Segera kepingan-kepingan uang dicetak dengan nama Imam, dan
Ma’mun membiarkan masyarakat memakai pakaian hitam sebagai lambang orang-orang
Abbasiyah, dan memakai pakaian hijau sebagai lambang orang-orang Alawiyah
(keturunan Imam Ali bin Abi Thalib as).
Lebih dari itu, Ma’mun bahkan menikahkan anak perempuannya
dengan Imam Ar-Ridha as dan menikahkan anak perempuannya yang lain dengan putra
beliau, yaitu Muhammad Al-Jawad as.
Shalat Hari Raya
Imam Ali Ar-Ridha as dibaiat sebagai calon pengganti
Khalifah pada 5 Ramadhan 201. Setelah 25 hari, tibalah hari pertama dari bulan
Syawal, yaitu Hari Raya Idul Fitri. Satu hari sebelumnya, Ma’mun memerintahkan
Imam Ar-Ridha as untuk menjadi imam shalat hari raya Idul Fitri.
Imam merasa keberatan. Tetapi Ma’mun bersikeras pada
keputusannya, dan mengirim utusan untuk memata-matai gerak-gerik beliau.
Imam as menerima dengan satu syarat, yaitu melakukan shalat
hari raya sesuai dengan ajaran Rasulullah saw dan Amirul Mukminin Ali bin Abi
Thalib as.
Ma’mun menyetujui syarat itu dan memerintahkan tentaranya
untuk bersiap-siap menjemput Imam esok pagi.
Masyarakat berkerumun di jalan-jalan dan di atap-atap rumah,
sementara pasukan berbaris sambil menunggu Imam as keluar.
Matahari terbit menampakkan garis kemilauan emas dan
menyelimuti bumi dengan panas dan cahayanya.
Imam Ali Ar-Ridha as mandi dan memakai pakaian dan serban
putih sambil membiarkan salah satu ujungnya jatuh di depan dadanya dan ujung
lainnya terurai di antara kedua bahunya. Beliau memakai wewangian dan memegang
tongkat. Beliau memerintahkan orang-orang terdekatnya serta para pembantunya
untuk melakukan hal yang sama. Dan, Imam pun keluar bersama mereka tanpa alas
kaki.
Beberapa langkah kemudian, Imam Ar-Ridha as mengangkat
suaranya sambil mengumandangkan takbir; Allahu
akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Imam
muncul dari dalam rumah, sedangkan pasukan istana serta komandannya melihat
Imam bersama kelompok besar berjalan di samping kuda-kuda mereka. Mereka pun
hanyut dan segera turun dari kuda, lalu melepaskan sepatu-sepatu mereka dan
ikut berjalan mengiringi Imam as dengan kaki telanjang.
Imam bertakbir di pintu gerbang. Masyarakat juga ikut
bertakbir sehingga gema takbir membahana ke seluruh penjuru kota. Mereka keluar
dari rumahnya masing-masing dan tumpah-ruah ke jalan-jalan.
Berkali-kali masyarakat menghadiri shalat hari raya yang
dilaksanakan dengan penuh kemegahan dan kemewahan yang jauh dari dari makna
takbir. Kali ini mereka menyaksikan hari raya besar yang penuh dengan semangat
Islam yang dibawa oleh Nabi saw dan kini dihidupkan kembali oleh cucunya, Imam
Ali Ar-Ridha as.
Mata-mata yang mengintai gerakan Imam dan masyarakat segera
melaporkan hasil pengawasannya kepada Ma’mun. Dia malah kuatir terhadap dampak
yang akan muncul apabila Imam melanjutkan perjalanannya untuk melaksanakan
shalat hari raya dan menyampaikan khutbah.
Ma’mun segera mengutus seseorang untuk menemui Imam Ar-Ridha
as yang masih dalam perjalanan. Kepada beliau, ia menyampaikan pesan secara
lisan, “Sungguh kami telah membuatmu kepayahan, wahai putra Rasulullah. Kami
senang bila Anda istirahat. Untuk itu, kembalilah!”
Imam as kembali, sementara masyarakat bertanya-tanya.
Sungguh mereka telah terpesona oleh sosok beliau yang mengingatkan mereka akan
kerendahan hati ayah dan kakeknya.
Tujuan Ma’mun
Tak seorang pun yang mengingkari kelicikan dan muslihat
Ma’mun dalam berpolitik, sebagaimana yang dia lakukan di balik penetapannya
atas Imam Ali Ar-Ridha as sebagai pengganti kekhalifahannya. Tentu, ada
maksud-maksud tertentu yang disembunyikan Ma’mun, di di antaranya:
1. Mengharapkan dukungan orang-orang Alawiyah yang ingin
membalas dendam kepada pemerintahan Abbasiyah dan bertekad melakukan berbagai
pemberontakan dan kerusuhan, yaitu dengan mengangkat Imam as sebagai penganti
kekhalifahannya kelak dan mengganti pakaian hitam dengan pakaian hijau.
2. Merangkul orang-orang Alawiyah dengan cara melibatkan
mereka dalam pemerintahan agar masyarakat mengetahui, bahwa pemberontakan yang
mereka lakukan hanya karena ingin kekuasaan dan kesenangan, bahwa mereka tidak
ingin menegakkan keadilan, tetapi tujuan mereka adalah untuk memperoleh harta
kekayaan.
3. Ma’mun berusaha mengumpulkan tokoh-tokoh Alawiyah di ibu
kota negara lalu melakukan penangkapan atas mereka, satu persatu, seperti yang
terjadi pada Imam Ar-Ridha as.
Tentunya, Imam as mengetahui seluruh tipu-daya Ma’mun dan
berusaha menggagalkannya dalam banyak kesempatan dan sikap beliau, seperti
dalam diskusi dengan para pemuka agama, salat haru raya, dan syarat beliau atas
Ma’mun agar tidak ikut campur dalam urusan negara dan politik.
Di’bil Al-Khuza’i
Pada masa itu, syair mendapat perhatian khusus dan
penghargaan yang tinggi. Syair juga biasa ditempatkan pada surat-surat kabar
untuk menyebarluaskan berita, seruan, ataupun maksud-maksud politik. Penguasa
memberi dukungan dan imbalan yang besar untuk mengukuhkan pemerintahan mereka.
Sebagian penyair menolak bujukan pemerintah dan tetap teguh
dalam mempertahankan kebenaran, sekalipun dalam keadaan serbakurang dan
tertindas, sebagaimana yang dilakukan oleh pujangga Di’bil Al-Khuza’i.
Sejarah mencatat pertemuan Di’bil dengan Imam Ali Ar-Ridha.
Abu Shalt Al-Hirawi meriwayatkan, “Di’bil menjumpai Imam Ar-Ridha as di Marv
dan berkata, ‘Wahai putra Rasulullah, aku telah membuat syair dan aku berjanji
kepada diriku sendiri untuk tidak membacakan kepada seseorang sebelum engkau
mendengarkannya.’
Imam as menyambutnya dan mengucapkan banyak terima kasih,
lalu mempersilahkan untuk menyenandungkannya. Di antara bait-bait syair Di’bil
ialah:
Kediaman-kediaman manusia suci
kini telah sunyi dari pengunjung.
Rumah wahyu tidak lagi
dituruni kabar-kabar langit.
Pusara di Kufah dan
yang lainnya di Thaibah (Baqi’),
pula yang di Fakh
senantiasa tercurah salawatku.
Dan pusara di Baghdad,
milik jiwa yang suci
Tercurahkan rahmat Sang Pengasih
dalam ruang-ruang kedamaian.
Imam lalu menyambutnya,
Pusara di Thus betapa besar
Dera nestapa yang menimpanya.
Di’bil dengan penuh keheranan bertanya, ‘Aku tidak pernah
tahu, siapakah pemilik pusara itu?’
‘Itulah pusaraku, wahai Di’bil,” jawab Imam as.
Sang penyair melanjutkan senandung syairnya yang menyisipkan
penderitaan dan musibah yang terus menerus menimpa Ahlulbait. Imam as menangis,
dan air matanya berderai menghangatkan pipinya.
Imam memberikan 100 Dinar sebagai hadiah kepada Di’bil.
Namun, ia merasa berat menerimanya, dan meminta dari beliau sehelai kain untuk
mendapatkan berkah darinya. Imam menghadiahkan jubah dari bulu yang ditenun
sebagai tambahan dari uang 100 Dinar.
Di’bil memohon diri. Dalam perjalanan pulang, ia dan
kafilahnya dihadang oleh segerombolan perampok. Seluruh harta benda mereka
dirampas. Sambil duduk membagi hasil rampasan, salah seorang perampok
melantunkan satu bait puisi:
Aku melihat mereka membagi-bagi harta rampasan.
Di tangan mereka harta rampasan dari emas.
Mendengar bait itu, Di’bil bertanya kepada perampok
tersebut, “Siapa yang membuat puisi tadi?”
“Ini puisi Di’bil”, jawabnya.
“Akulah Di’bil”, kata Di’bil memperkenalkan diri.
Para perampok itu pun segera mengembalikan harta-harta
kafilah yang bersamanya dengan penuh hormat, serta meminta maaf kepada mereka.
Di’bil dan kafilahnya melanjutkan perjalanan sampai di kota
Qom. Di sana, sebagian masyarakat berebut ingin menukar baju Imam dengan seribu
Dinar, namun Di’bil menolaknya. Di tengah itu, datanglah sekelompok pemuda dari
luar kota Qom menginginkan sepotong (secarik) dari pakaian Imam untuk mengambil
berkah dengan imbalan 1000 Dinar. Maka, Di’bil pun merelakannya.
Ketika sampai di rumahnya, Di’bil mendapati istrinya
menderita sakit di bagian matanya. Ia memeriksakannya, kepada satu tabib ke
tabib yang lain. Tapi, mereka semua mengatakan, “Sudah tidak ada gunanya kamu
mengobatinya, karena istrimu akan menderita kebutaan.”
Di’bil merasa sedih sekali. Tiba-tiba ia teringat potongan
baju Imam. Kemudian dia melilitkannya di mata sang istri dari awal malam hingga
esok harinya. Tatkala istri Di’bil terjaga, ia tidak merasakan sakit sedikit
pun berkat keramat Imam Ali Ar-Ridha as.
Hari Kesyahidan
Setelah Ma’mun merasa jenuh dan putus asa membujuk Imam Ali
Ar-Ridha as dengan kekuasaan, sementara beliau tetap teguh dan bersih dari
kepentingan dunia, Ma’mun senantiasa mencari-cari kesempatan untuk membunuh
beliau.
Di Baghdad, orang-orang Abbasiyah mengumumkan
pembangkangannya. Lalu mereka membaiat orang-orang kaya sebagai khalifah
pengganti Ma’mun, karena kuatir akan berpindahnya kekuasaan dan kekhalifahan ke
tangan orang-orang Alawiyah.
Untuk menarik simpati mereka di Baghdad dan tetap
mengakuinya sebagai khalifah, Ma’mun merencanakan pembunuhan terhadap Imam. Dia
bubuhkan racun ganas di dalam anggur.
Imam as meninggal karena racun itu dan kembali ke haribaan
Allah dalam keadaan syahid dan teraniaya.
Imam Ali Ar-Ridha as syahid pada tahun 203 H. dan dimakamkan
di kota Thus (Masyhad, Iran).
Sementara itu, Ma’mun menampakkan dirinya sedih di hadapan
masyarakat dengan tujuan menepis kecurigaan dan tuduhan mereka terhadapnya. Dia
pun ikut serta mengantarkan jenazah suci Imam as dan berjalan tanpa alas kaki sambil
menangis.[]
Mutiara Hadis Imam Ali Ar-Ridha
• “Barang siapa yang tidak berterima kasih kepada orang
tuanya, maka dia tidak bersyukur kepada Allah SWT.”
• “Barang siapa yang selalu mengawasi dirinya, niscaya akan
beruntung, dan barang siapa melalaikannya, pasti akan merugi.”
• “Sebaik-baik akal adalah kesadaran seseorang akan dirinya
sendiri.”
• “Bila seorang mukmin marah, maka kemarahannya tidak akan
mengeluarkan dirinya dari bersikap benar. Dan jika ia senang, maka
kesenangannya tidak akan menghanyutkannya ke dalam kebatilan. Dan jika ia punya
kekuatan, ia tidak akan merebut lebih dari haknya.”
• “Sesungguhnya Allah membenci orang-orang yang menceritakan
kejelekan orang dan orang yang mendengarkannya serta orang yang banyak
bertanya.”
Riwayat Singkat Imam Ali Ar-Ridha
Nama :
Ali.
Gelar
: Ridha.
Panggilan : Abu Hasan.
Ayah
: Musa Al-Kazhim as.
Ibu
: Najmah.
Kelahiran : Madinah, 11 Dzulqa’dah 148 H.
Wafat : 203
H.
Makam : Thus, Masyhad-Iran.
Komentar
Posting Komentar