Langsung ke konten utama

AFORISMA-AFORISMA IMAM KHOMEINI QS

(1) Mempercayai Sesuatu Secara Intelektual adalah Satu Hal dan Meyakininya adalah Hal Lain.
(2) Keyakinan tidak dpt diperoleh melalui argumen. Bukan berarti argumen tdk berguna. Argumen tetap diperlukan. Tetapi hanya sebatas utk memahami masalah keesaan Allah menurut kapasitas akal. Mempercayainya adalah langkah berikutnya.
(3) Manusia secara RASIONAL mungkin dpt mengerti suatu kebenaran, namun karena tak benar2 MEMPERCAYAINYA mereka tidak akan bertindak sesuai dg kebenaran tsb.
(4) Filsafat sendiri merupakan cara, bukan tujuan. Yaitu cara utk memahami problem, tapi tidak membawa ke keimanan yg kuat, yg merupakan masalah intuisi & rasa.
(5) Kita harus mempercayai bhw surga menunggu org2 yg beriman dan berbuat baik; jangan sekadar dipahami dg akal, karena terdpt perbedaan yg besar antara PERSEPSI RASIONAL dg KEYAKINAN MELALUI HATI.
(6) Semata2 MENGETAHUI ttg Rasul tidaklah berarti apa2; yg berguna adalah BERIMAN kpdnya. MEMBUKTIKAN bhw Allah ada tdklah cukup, manusia hrs BERIMAN kpdNya dan menaati sgl perintahNya dg sepenuh hati.
(7) Nama2 Allah juga merupakan tanda2 dari Hakikat SuciNya; dan HANYA NAMA2NYA yg dpt DIKENAL manusia. HAKIKAT/ZAT Tuhan itu sendiri tdk diketahui oleh SIAPA PUN. Bahkan PENGHULU PARA NABI (Muhammad Saw), manusia yg paling berilmu dan mulia, TIDAK DAPAT MENCAPAI PENGETAHUAN ttg HAKIKAT/ZATNYA. Hakikat SuciNya TIDAK DIKETAHUI OLEH SIAPA PUN SELAIN OLEH DIA SENDIRI.
(8) Segala bencana yg menimpa manusia berasal dari kesombongan diri. Manusia mencintai dirinya (egonya) dan ingin dipuji org lain. Tapi inilah kekeliruannya. Dia tdk sadar dirinya bukan apa2 dan bhw dia milik Sang Wujud.
(9) Al-Quran memiliki tujuh atau 70 tingkat makna, dan yg terendah adalah yg disampaikan kpd kita.
(Dikutip dari buku Rahasia Basmalah dan Hamdalah, Imam Khomeini qs, Mizan)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AYAT - AYAT TAUHID YANG MASIH TERTINGGAL DALAM ALKITAB

Bersama dengan agama sebelumnya (Yahudi) dan agama sesudahnya (Islam), Kristen pada mulanya adalah keyakinan yang berlandaskan TAUHID (MONOTEISME MURNI) yakni sebuah Konsep yang mengajarkan dan menekankan bahwa Allah itu Esa. Namun,Pengakuan akan keesaan Allah meskipun merupakan landasan fundamental bagi agama dan iman yang benar,itu saja belumlah cukup sebelum kita mengerti secara benar apa yang dituntut oleh Tauhid.Sebab,bila kita merujuk ke Alkitab,disana dinyatakan bahwa Iblis-pun mengakui akan Tauhid,namun dia tidak bersikap men-Tauhid-kan Allah,sehingga Tauhidnya Iblis itu tak membawa dia ke dalam pengampunan Ilahi,sebagaimana disebutkan: "Engkau percaya,bahwa HANYA ADA SATU ALLAH saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar."{Yak 2:19} Yang hendak ditegaskan oleh ayat ini adalah bahwa,memang pengakuan akan Tauhid itu baik pada diri kita,namun setan-setanpun percaya akan kebenaran fundamental in...
  Mengapa Masih Protes ?  Bismillahirrohmaninirrhohim   “ Jangan kau tanyakan apa yang telah negara berikan kepadamu,tapi tanyakanlah apa yang telah kau berikan kepada negara” - Ir.H. Ahmad Soekarno (HC) - Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim [14]: 7). Sejak reformasi bergulir mulai 1998 hingga sekarang kebebasan untuk bersuara dan menyampaikan pendapat di muka umum dalam berbagai macam aliansi yang berdasarkan ideologi tertentu mulai dari ormas–ormas dan berbagai macam partai politik yang “menjamur “ bagai jamur di musim hujan, KAMMI, KB UI - KAM - JAKARTA - JAM J , DKM - Jakarta, FIMA-, GENERASI 98' , KMBJ (HIKMAHBUDHI) t FKPI,STAB Nalanda, PMII, adapun partai politik peserta pemilu 1998 48 partai politik,diantaranya PDI-P,PKB, PBB,GOLKAR,PPP.   baik yang bermotif agama,nasionalisme,sosialism...

Bahaya Radikalisme Agama

Bahaya Radikalisme Agama Dari perspektif ini penulis berpandangan boleh jadi munculnya gagasan mengubah islam kedalam negara karena semangat berlebihan tanpa dibarengi pengetahuan agama yang memadai. Berawal dari situ maka dimunculkan klaim kebenaran tunggal untuk menghindari pemahaman lain yang berseberangan. Pandangan yang berbeda atau bersebrangan harus diberangus dan dianggap sesat. Selanjutnya agama dijadikan dalih terhadap pemahaman literal mereka sehingga tanpa mereka sadari apa yang mereka perjuangkan adalah ideologi mereka dan bukan islam itu sendiri. Gerakan radikalisme agama bagaikan musuh dalam selimut. Hal itu dikarenakan dapat membahayakan kehidupan berbangsa dan islam sendiri. Dalam kehidupan berbangsa kekayaan budaya dan tradisi akan tereduksi dengan hadirnya formalisasi agama. Bagi islam sendiri itu berarti penyempitan pemahaman akan islam. Pemahaman berbeda terhadap ideologi tertentu akan dianggap menyimpang dari islam dan harus dibungkam. Hadirn...