Langsung ke konten utama

KUPAS TUNTAS AGAMA YAHUDI (A - Z)

ABRAHAM" atau "IBRAHIM"[penamaan Islam] berasal dari sebuah kota tua "UR",dalam wilayah Kaldan[wilayah Irak sekarang].Oleh karena perselisihannya dengan bapaknya "TERAH" atau "AZAR"[penamaan Islam],tentang berhala-berhala pujaannya,maka Abraham bersama keponakan-keponakannya meninggalkan kotanya dan pergi ke arah barat menyeberangi sungai Eufrat menuju ke wilayah Kana'an[Palestina sekarang],lalu pergi ke Mesir,dan akhirnya kembali ke Kana'an dan di sana.

Abraham mempunyai tiga orang isteri yaitu "SARAI" atau "SARAH"[penamaan Islam],"HAGAR" atau "HAJAR"[penamaan Islam],serta "KETURA".Hajar bersama anaknya "ISMAEL" tinggal di padang gurun "HEJAZ"[semenanjung Arabia],berkembang biak di wilayah itu yang kemudian menurunkan bangsa "ARAB".Sedang Sarah tinggal di Kana'an bersama puteranya "ISHAK".Ishak memiliki putera bernama "YAKUB",yang juga bergelar "ISRAEL",yang berasal dari kata ISRA=HAMBA dan ELI=ALLAH[Israel=Hamba Allah] atau dalam istilah Arab disebut "ABDULLAH"=HAMBA ALLAH.Yakub akhirnya menurunkan suatu bangsa yang kelak dinamakan dengan namanya,yaitu ISRAEL.


Dalam perjalanannya,keturunan Israel ini menetap di Mesir kurang lebih 400 tahun lamanya,hingga lahirlah salah seorang keturunannya yang bernama "MUSA".Musa diangkat sebagai Rasul,serta bertugas untuk menyeru manusia ke dalam agama Tauhid[Monoteisme Murni].Agama ini bernama "YAHUDI" atau dalam istilah barat disebut "YUDAISME".Nama ini dipergunakan oleh orang Israel sendiri,sejak kurang lebih 100 tahun SM.


Agama Yahudi hanya mempercayai satu Tuhan yaitu "YAHWEH" yang artinya YANG MAHA ESA.Kata Yahweh berasal dari anggapan agama Yahudi bahwa ada empat huruf mati yaitu "YHWH",yang dinamakan "TETRA GRAMATON" yang dipandang suci dan hanya digunakan untuk memanggil nama Tuhan Yang Maha Esa itu.Jadi,Yahweh adalah Tuhan bagi agama Yahudi.Dia Maha Esa dan hanya merupakan Tuhan bagi bangsa Israel semata[menurut keyakinan agama Yahudi].Sedang anak-anak Israel adalah bangsa pilihan Tuhan di antara bangsa-bangsa lainnya.Tuhan menciptakan alam semesta ini untuk mereka.Dia menciptakan bangsa-bangsa yang lain,semata-mata agar bangsa lain tersebut mengabdikan diri kepada mereka.Mereka sajalah yang pada hakikatnya adalah manusia,sedangkan yang lainnya sejatinya hanyalah budak dan pelayan yang sederajat dengan hewan.[Itulah keyakinan bangsa Yahudi].

Yahweh,Tuhan Israel berfirman kepada bangsa pilihan-Nya:"Kamu akan menjadi bagi-Ku Kerajaan Imam dan Bangsa yang Kudus."{Keluaran 19:6}
Dia juga tidak lupa berpesan kepada mereka:"Engkau akan di berkati lebih dari segala bangsa...Engkau haruslah melenyapkan segala bangsa yang diserahkan kepadamu oleh Tuhan Allahmu,janganlah engkau merasa sayang kepada mereka."{Ulangan 7:14-16}


Namun karena dalam "SEPULUH PERINTAH TUHAN",dikatakan :"Jangan menyebut Nama Yahweh dengan sia-sia",maka selanjutnya umat Yahudi menjadi takut untuk memanggil Tuhan Yang Maha Esa itu dengan menggunakan empat huruf mati tersebut.Akhirnya lama kelamaan penggunaan Tetra Gramaton tersebut menjadi hilang,dan mereka kemudian menggantinya dengan sebutan "ELOHIM",atau "ELI" atau kadang-kadang dengan sebutan "ADONAI".Dan ini berlaku hingga sekarang.Namun pada abad ke-19,ke empat huruf mati tersebut,kembali dipanggilkan oleh orang Barat Kristen dengan sebutan "YEHOVAH".



Adapun mengenai 10 perintah,ini merupakan asas pokok dalam keyakinan dan ibadah Yahudi.10 perintah diterima oleh Musa dari Yehovah di atas Bukit Sinai melalui 2 loh batu[lempengan batu bertulis atau prasasti],yang berbunyi :
  • 1.Jangan menyembah kepada selain Yahweh.
  • 2.Jangan menyembah patung atau berhala atau gambar.
  • 3.Jangan menyebut Nama Yahweh dengan sia-sia.
  • 4.Muliakan dan sucikan hari Sabat[Sabtu].
  • 5.Hormati Ibu Bapak,maka dipanjangkanlah umurmu.
  • 6.Jangan membunuh saudaramu.
  • 7.Jangan berzinah.
  • 8.Jangan mencuri.
  • 9.Jangan bersumpah palsu.
  • 10.Jangan menginginkan kepunyaan saudaramu tanpa hak.

Agama Yahudi mempunyai kitab suci yang bernama "BIB-LIA" atau "BIBEL"[penamaan barat] atau "AL-KITAB"[penamaan arab].Keseluruhan isi Al-Kitab ini yang disebut oleh pihak Kristen dengan "OLD TESTAMENT" atau "PERJANJIAN LAMA",terbagi dalam 3 bahagian besar:
  • I.TORAH[TAURAT] yang artinya ajaran atau pengajaran,berisi 5 buah kitab;

  • 1.GENESIS atau Kitab KEJADIAN,berisi kisah kejadian alam raya,Adam dan Eva[Hawa,penamaan islam],turunan-turunannya sampai kepada peristiwa Yusuf[Yosep].
  • 2.EXODUS atau Kitab KELUARAN,berisi kisah Bani Israel di bawah pimpinan Musa keluar dari Mesir,melepaskan diri dari kekejaman Fir'aun,mengembara 40 tahun di semenanjung Sinai[Padang Tih],percakapan Musa dengan Yehovah[Allah Yang Maha Esa] serta turunnya 10 Perintah Tuhan.
  • 3.LEVITICUS atau Kitab IMAMAT ORANG LEWI,berisikan himpunan hukum-hukum agama atau syari'at Yahudi.
  • 4.NUMBERS atau Kitab BILANGAN,berisikan cacah jiwa keturunan dari 12 suku Israel pada masa Musa.
  • 5.DEUTORONOMY atau Kitab ULANGAN,berisi ulangan kisah keluaran dan imamat.

  • II.NEBIIM,artinya Nabi-Nabi,yang terbagi menjadi 2 bagian;

  • 1.NEBIIM RISYONIM[Kitab Nabi-Nabi Terdahulu],terdiri dari:
  • A.Kitab YOSUA.
  • B.JUDGES atau Kitab HAKIM-HAKIM.
  • C.Kitab SAMUEL I dan Kitab SAMUEL II
  • D.KING atau Kitab RAJA-RAJA I dan Kitab RAJA-RAJA II.
  • 2.NEBIIM AKHARONIM[Kitab Nabi-Nabi Kemudian],terdiri dari:

  • A.Kitab YESAYA.
  • B.Kitab YEREMIAH.
  • C.Kitab YEHEZKIEL.
  • D.Kitab TERE ASAR[12 Nabi-Nabi Kecil] atau MINOR PROPHETS yaitu;Hosea,Yoel,Amos,Obaja,Yunus,Mikha,Nahum,Habakuk,Zefanya,Hagai,Zakaria,dan Maleakhi.

  • III.KHETUBIIM,artinya Kidung Pujian untuk kebaktian,hikmah,bimbingan dan nasehat.Terdiri dari 12 Kitab;

  • 1.PSALMS atau MAZMUR atau ZABUR[penamaan islam].
  • 2.PROVERBS atau AMSAL SALOMO[Sulaiman,penamaan islam].
  • 3.JOB atau Kitab AYUB.
  • 4.SONGS OF SOLOMON atau Kitab SYIRUL ASYAR atau KIDUNG AGUNG SALOMO.
  • 5.Kitab RUTH.
  • 6.LAMENTATIONS atau Kitab NUDUB JEREMIA atau Kitab RATAPAN YEREMIAH.
  • 7.ECCLESIASTES atau Kitab AL-KHATTIB atau Kitab PENGKHOTBAH.
  • 8.Kitab ESTHER.
  • 9.Kitab DANIEL.
  • 10.Kitab EZRA.
  • 11.Kitab NEHEMIAH.
  • 12.CHRONICLES atau Kitab TAWARIKH I dan Kitab TAWARIKH II
 
 
Kemudian tambahannya yaitu TANNA,yakni keterangan dan penjelasan tentang hukum-hukum sebagai hasil penafsiran Torah.Tanna itu lalu dikumpulkan dalam suatu himpunan,yang disebut MISHNA.Setiap Tanna yang terdapat dalam Mishna itu,di ulas dan di tafsirkan lagi secara panjang lebar serta di beri tinjauan dari berbagai segi.Penafsiran dan ulasan ini disebut GEMARA.Kumpulan dari Mishna dan Gemara,disebut Kitab TALMUDZ.Terdapat 2 versi Talmudz yaitu:
1.PALESTINIAN TALMUDZ[Talmudz Palestina].
2.BABYLONIA TALMUDZ[Talmudz Mesopotamia].


Seluruh kitab-kitab di atas,oleh kalangan "ORTODOKS YAHUDI" di anggap sebagai kitab suci,serta di pandang sebagai sumber-sumber yang sah,dan di namakan "CANONICAL BOOKS".Sedangkan kalangan "REFORMIS YAHUDI",hanya mengakui sebagiannya,dan menolak sebagian lainnya serta menamakannya sebagai "APOCRIPHAL BOOKS".


Kitab Taurat,pada mulanya belum dihimpun sebagai sebuah catatan tertulis.Ia hanya merupakan ajaran yang di sampaikan dari mulut ke mulut[secara lisan] turun-temurun selama hampir 800 tahun[8 abad].Hal ini berlangsung sejak zaman Musa[abad 12 SM] hingga pertengahan abad ke-5 SM ketika Nabi EZRA mengumpulkannya dalam bentuk Himpunan Naskah[Manuskrip].


I.Syari'at dan Upacara Ibadah Yahudi:
1.Umat Yahudi melakukan SEMBAHYANG DAN DOA 3 kali sehari;pagi sekitar jam 09.00,tengah hari sekitar jam 12.00 dan sore sekitar jam 15.00.
2.PUASA di wajibkan pada hari Pengampunan Besar[YOUM KIPPUR].
3.Umat Yahudi memperingati PASKAH,yakni hari terlepasnya bangsa Israel dari penindasan Fir'aun di Mesir,dengan melakukan penyembelihan kambing.lalu memakannya tanpa ragi untuk mengenang penderitaan nenek moyang mereka dahulu,sewaktu keluar dari Tanah Mesir dengan persediaan hanya roti tanpa ragi yang disebut MATZOTH,dan hanya inilah yang boleh dimakan sewaktu perayaan ini dilangsungkan selama 7 hari.Pada petang hari pertama dan kedua dari perayaan Paskah,dibacakan kisah tentang perjalanan orang Israel keluar dari Mesir menuju Sinai dengan melintasi Laut Merah.
4.PANTEKOSTA merupakan perayaan pesta panen di Palestina.Upacara ini jatuh pada hari ke-50 setelah Paskah.Biasa juga disebut SHABOUT yakni pesta hasil panen pertama.Dalam pesta ini mereka bersukacita dan bersyukur atas hasil panen yang diterima.Pesta ini juga merupakan pesta ulang tahun turunnya Taurat kepada Musa.
5.Agama Yahudi mempunyai hukum yang berat terhadap dosa,baik dosa kecil maupun dosa besar.Setiap pelanggar yang melakukan dosa,harus ditebus dengan melakukan penyembelihan KORBAN domba.


II.Aliran/sekte/madzhab Yahudi:
1.SADUKI;sekte ini tidak menginginkan adanya perubahan dalam aturan agama,sehingga mereka di kategorikan sebagai golongan Ortodoks Yahudi.
2.FARISI;berasal dari kata "PERISHIIM" yakni "YANG MEMISAHKAN DIRI",yaitu sekte yang sangat teguh memegang segala tradisi dan adat istiadat Yahudi.
3.ZEALOT;sekte pecahan dari Farisi,yang bersifat agresif dan aktif dalam memperjuangkan kebebasan nasionalnya.
4.KHASIDIIM;sekte Yahudi yang penganutnya menyerahkan seluruh hidupnya hanya untuk beribadah dan tafakkur atau berkhalwat[menyepi] di tempat-tempat terasing lagi sunyi.


Adapun dalam kehidupan sosialnya,masyarakat Yahudi saat ini terbagi ke dalam dua kelompok besar,yang cenderung saling memisahkan diri,yaitu:
A.Yahudi FALASHAS;kaum Yahudi imigran,yang umumnya berasal dari Ethiopia dengan warna kulit kecoklat-coklatan.Kelompok ini sering di anggap kurang Yahudi oleh kelompok lainnya.
B.Yahudi ASKHENADI;kaum Yahudi berkulit putih,menganggap dirinya sebagai Israel tulen.

 
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta Sisingamangaraja XII

Sisingamangaraja XII (1845 – 1907) Pejuang Islam yang Gigih Sisingamangaraja merupakan nama besar dalam sejarah Batak. Dia tokoh pemersatu. Dinasti Sisingamangaraja dimulai sejak pertengahan tahun 1500-an, saat Raja Sisingamangaraja I yang lahir tahun 1515 mulai memerintah. Dia memang bukan raja pertama di sana. Pemerintahan masa sebelum itu dikenal dengan nama bius. Satu bius merupakan kumpulan sekitar tujuh horja. Sedangkan satu horja terdiri dari 20 huta atau desa yang punya pimpinan sendiri. Ada Bius Toba, Patane Bolon, Silindung dan sebagainya. Dari 12 orang yang melanjutkan dinasti Sisingamangaraja, Singamangaraja XII merupakan raja paling populer dan diangkat sebagai pahlawan nasional sejak 9 November 1961. Lukisan dirinya yang dibuat Augustin Sibarani yang kemudian tercetak di uang Rp 1.000 yang lama, merupakan satu-satunya “foto” diri Sisingamangaraja. Dia naik tahta pada tahun 1876 menggantikan ayahnya Singamangaraja XI yang bernama Ompu Sohahuaon. Peno

Surat dalam Al Quran dapat mencegah 10 perkara

10 Surat dalam Al Quran dapat mencegah 10 perkara 1. Surat Al Fatihah mencegah kemarahan Allah 2. Surat Yaasin mencegah kehausan di hari kiamat 3. Surat Ad Dukhan mencegah kesusahan di hari kiamat 4. Surat Waqi'ah mencegah kekafiran 5. Surat Al Mulk mencegah siksa kubur 6. Surat Al Kautsar mencegah permusuhan 7. Surat Al Kafirun mencegah kekufuran ketika di cabut roh 8. Surat Al Ikhlas mencegah kemunafikan 9. Surat Al Falaq mencegah iri hati seseorang 10. Surat An Nas mencegah was-was Semoga bermanfaat insya Allah :)    

Akhlak Pecinta Ahlulbait

Oleh: Syaikh Shaduq 1. Dari Ayahandaku, semoga Allah swt memberi rahmat kepadanya, ia mengatakan telah meriwayatkan kepadaku Ali Bin Husain Asyad Abadi dari Jabir bin Ju’fi, ia mengatakan telah berkata Abu Ja’far: “Apakah cukup yang menjadi syiah dengan hanya mengatakan cinta kepada Ahlulbait? Imam menjawab, “Demi Allah , tiada lain Syiah kami adalah mereka yang bertakwa kepada Allah dan mentaati-Nya, Mereka hanya dikenal dengan ketawadhuan, kekhusyu’an, menunaikan amanat, dan banyak berdzikir kepada Allah, shaum, shalat, berbuat baik kepada orang tua, baik kepada tetangga yang miskin, yang fakir, yang punya hutang, anak-anak yatim, jujur, membaca Quran, menjaga lisan kecuali dengan perkataan yang baik, Orang-orang syiah adalah amanah bagi para keluarga mereka”. Jabir kemudian mengatakan: “Wahai putra Rasulullah saw, kami mengenal mereka tetapi tidak memiliki sifat-sifat seperti ini”. Beliau mengatakan,” Wahai Jabir janganlah engkau bermazhab kepada orang-